Ini Yang Wajib Anda Ketahui Tentang Pajak Bisnis Endorsement

Written by Doqez on April 20, 2020 in Karya Anak Muda with no comments.

Zaman sekarang, pemasaran produk melalui on-line dengan melibatkan influencer memang semakin banyak dilakukan, mengingat dampak positifnya yang bagus untuk peningkatan model consciousness bisnis. Namun, agar hasil yang didapatkan sesuai harapan, para pebisnis tentu saja perlu lebih selektif dalam memilih influencer yang tepat untuk melakukan endorse produk. Dengan memilih influencer yang tepat, berbagai tujuan yang ditetapkan, seperti peningkatan keberadaan merek, engagement, bahkan penjualan, bisa benar-benar terjadi. Bagi Anda yang aktif menggunakan sosial media, khususnya Instagram mungkin tidak asing dengan istilah endorsement dan paid promote.

Endorsment

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan pajak penghasilan atas aktivitas endorsement oleh selebgram dapat dilakukan dengan beberapa teknik pemungutan pajak sesuai dengan kondisi selebgram. Dari segi pajak pertambahan nilai, setiap barang dan jasa endorse merupakan objek pajak pertambahan nilai sehingga atas penyerahan tersebut terutang PPN. Endorsement merupakan kegiatan promosi on-line yang dilakukan oleh figur publik, seperti artis atau influencer. Penghasilan atas endorse itu menjadi objek pajak penghasilan yang perlu dibayar dan dilaporkan. Kegiatan endorse ini dikenakan pajak penghasilan pasal 23 atau 21, tergantung dari jenis bisnis itu dikelola.

Jika pihak yang mengelola endorse merupakan sebuah perusahaan , ia wajib melakukan pemotongan PPh 23. Jika pihak endorser adalah perorangan, model dapat memotong pembayarannya dengan PPh pasal 21 atau sang Influencer dapat melaporkannya sendiri melalui SPT Tahunan PPh Pribadi. Promosi endorsement umumnya dilakukan di media sosial, seperti Instagram, Twitter, dan YouTube.

Sempat heboh beberapa waktu lalu akibat hubungannya dengan sang mantan, Awkarin tetap menjadi salah satu selebgram yang paling populer di Indonesia. Postingannya yang selalu menarik membuat akun wanita cantik ini memiliki followers mencapai three,5 juta orang. Di zaman serba on-line seperti sekarang ini, Endorsement atau endorse menjadi salah satu trik promosi yang wajib dilakukan para pebisnis on-line.

Walau seringkali berbanding lurus dengan brand awareness dan peningkatan penjualan yang mungkin Anda hasilkan, namun tidak tidak melulu hal tersebut harus jadi pertimbangan utama Anda. Kenapa tidak pilih micro influencer atau selebgram dengan biaya yang tidak terlalu mahal, namun punya enggagement baik dengan pengikutnya . Sehingga pemilihan selebriti sebagai representasi produk/jasa suatu perusahaan haruslah sesuai dengan pesan yang akan disampaikan dan memenuhi kriteria yang memang diinginkan oleh konsumen.

Comments are closed.