Fraud Triangle

Written by Doqez on August 13, 2020 in Pilihan Bisnis with no comments.

Khususnya, untuk hal-hal yang berkaitan dengan eksploitasi seksual, pemerasan, penindasan dan pencurian identitas. Syarat dan ketentuan dan Kebijakan pribadi tentang layanan Kredit Pintar. Penipu mengirimkan hyperlink dan mendesak pemilik nomor untuk klik link tersebut. “Saya mengharapkan BPJS Ksehatan bisa melakukan pemeriksaan kewajaran klaim rumah sakit dengan sebaik-baiknya.

Berbeda dengan penanggulangan terorisme maupun pencucian uang, program pencegahan kejahatan yang fokusnya ke anak-anak dan generasi muda seringkali bukan dianggap program yang kurang prestisius oleh para penegak hukum. Namun demikian, mengingat manfaat jangka panjang dari program pencegahan tindak kejahatan, program-program seperti inilah yang sebenarnya harus mendapatkan perhatian di masa datang. Secara teoritis, Pradiptyo membuktikan secara matematis bahwa program pencegahan kejahatan ternyata lebih efektif dibandingkan upaya untuk meningkatkan intensitas hukuman dengan tujuan meningkatkan efek jera. Beberapa contoh di atas menunjukkan bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berpengaruh langsung terhadap ragam dan intensitas kegiatan ekonomi baru.

Para pelaku kecurangan kini juga telah menggunakan teknologi untuk melancarkan aksinya, mereka biasa disebut sebagai scammer, cracker, atau hacker. Bermodalkan internet dan perangkat komputer mereka bisa meretas dan mencuri information perusahaan dalam sekejap. Untuk melindungi perusahaan dari serangan digital, tingkatkan keamanan digital perusahaan Anda.

Berlangganan Newsletter kami untuk informasi pembukuan, pajak dan bisnis terkini. Membuat SOP yang jelas, misal ada pemisahan tugas yang jelas, mengatur kebijakan yang adil, dan memberi sanksi tegas atas kecurangan yang dilakukan. Faktanya, masih banyak kasus kejahatan cyber yang nggak dilaporkan. Selain mengabaikan lampiran e-mail dan URL / alamat internet yang mencurigakan, jangan hiraukan juga postingan-postingan aneh yang banyak bergentayangan di media sosial.

Komitmen pimpinan akan menentukan arah upaya pencegahan korupsi dalam suatu korporasi, yang tercermin dalam kebijakan dan strategi korporasi. Korupsi merupakan salah satu bentuk fraud yang dapat merugikan pihak lain, dalam hal ini biasanya adalah perusahaan. Risiko yang timbul pun tidak hanya berupa risiko finansial tetapi juga akan kehilangan kepercayaan publik, seperti investor, konsumen, dan regulator, belum lagi rusaknya reputasi, hingga munculnya risiko hukum. Meskipun pola kasus tindak pidana korupsi seperti ini terus berulang, dimana melibatkan pejabat publik dan berhubungan dengan keuangan negara, namun kenyataannya praktik korupsi dapat ditemukan di manapun. Pelakunya pun mulai dari staf hingga direksi, pimpinan atau bahkan pemilik korporasi. Selain itu, modusnya pun bervariasi dari yang sederhana hingga kompleks.

Di Indonesia, berdasarkan laporan statistik Patroli Siber, dari 4.586 aduan kejahatan siber yang dilaporkan masyarakat sepanjang 2019, 1.617 di antaranya adalah penipuan online. Kasubdit I Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Kombes Reinhard Hutagaol menyebut bentuk penipuan on-line yang paling dominan adalah pelaku menjual barang tidak sesuai dengan apa yang dijanjikan. Cyber-crime adalah aktivitas kejahatan dengan menggunakan komputer atau jaringan komputer yang dilakukan di dunia maya/internet. Banyak pola dan cara yang bisa dilakukan oleh para pelaku cyber crime dan banyak cara pula mencegah terjadinyacyber-crimepada kita. Tentu tujuannya adalah untuk mencegah kerugian-kerugian yang tidak diinginkan pada bisnis kita.

Faktanya memang, dilansir dari situs kominfo.go.id, cyber crime di Indonesia tertinggi kedua di dunia setelah Jepang. Padahal SOP dibuat agar hasil kerja yang didapatkan sesuai dengan standar kualitas yang juga sudah ditetapkan sebelumnya. SOP juga menjamin semua proses yang terjadi dalam bisnis perusahaan sesuai dengan perencanaan.

hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah fraud

Kemampuan menganalisis bisnis proses –tupoksi baik yang terstruktur maupun yang tidak, memahami mekanisme pendokumentasian dan catatan-catatan terkait lainnya. Tahapan program kepatuhan masih pada tataran ucapan basa-basi disampaikan secara berulang-ulang pada tataran seremonial, tetapi tidak diikuti dengan tindakan nyata. Program anti-fraud belum terimplementasi secara nyata yang eksplisit dan belum diarahkan jackpot online uang asli secara khusus untuk memerangi fraud secara tegas. Pada tahap evaluasi, korporasi akan mengecek kembali tahapan yang telah dilakukan, dari perencanaan hingga pelaksanaan. Evaluasi dilakukan untuk memastikan bahwa upaya yang dilakukan korporasi sesuai dengan sasaran dan tujuan yang telah ditetapkan. Jika ditemukan kekurangan atau ketidaksesuaian, maka dapat ditindaklanjuti di tahap berikutnya yaitu perbaikan.

Comments are closed.